Perilaku organisasi

Perilaku organisasi
Perilaku organisasi 

Definisi perilaku organisasi 

Perilaku organisasi adalah suatu studi yang menyangkut segala aspek tingkah laku manusia dalam suatu organisasi, atau kelompok tertentu. 

Studi tersebut mencakup pembahasan tentang aspek yang ditimbulkan dari pengaruh organisasi terhadap manusia yang bekerja di dalamnya; juga aspek yang ditimbulkan dari pengaruh manusia terhadap organisasi dimana mereka berada. 
Tujuannya memperlancar upaya pencapaian tujuan organisasi. 

Hakekat perilaku organisasi 

Pada hakekatnya Perilaku Organisasi mendasar pada ilmu perilaku itu sendiri yang dikembangkan dengan pusat perhatiannya pada tingkah laku manusia dalam suatu organisasi 

Perilaku organisasi dan teori organisasi 

  • Perilaku organisasi mempelajari perilaku individu / kelompok dalam organisasi dan aplikasinya (analisis Mikro). 
  • Teori organisasi mempelajari struktur, proses dan performansi organisasi (analisis Makro) 

Perilaku organisasi dan manajemen sumber daya manusia 

  • Perilaku organisasi dianggap lebih mendasar (teoritis; berdasar pada konsep) 
  • Manajemen sumber daya manusia lebih terapan dengan fokus pada teknik pengelolaan sumber daya manusia. 

Lingkup perilaku organisasi 

Mempelajari perilaku manusia dalam organisasi melalui tiga tingkatan analisis. (MODEL 3 LEVEL S.P. ROBIN) 
  1. Tingkatan Individu : karakteristik bawaan individu dalam organisasi. 
  2. Tingkatan Kelompok : dinamika perilaku kelompok dan faktor-faktor determinannya (fungsi).
  3. Tingkatan Organisasi : faktor-faktor organizational yang mempengaruhi perilaku. 

Perubahan dan perkembangan organisasi 

Faktor-faktor perubahan organisasi 

Lingkungan internal 
  • Perubahan kebijakan pimpinan 
  • Perubahan tujuan 
  • Perluasan wilayah operasi tujuan 
  • Volume kegiatan bertambah banyak 
  • Sikap dan perilaku dari para anggota organinsasi. 

Lingkungan eksternal 
  • Politik 
  • Hukum 
  • Kebudayaan 
  • Teknologi 
  • Sumber Daya Alam 
  • Demografi 
  • Sosiologi 
Proses perubahan 
  • Mengadakan pengkajian. 
  • Mengadakan identifikasi (dampak perubahan) 
  • Menetapkan perubahan. 
  • Menentukan strategi. 
  • Melakukan evaluasi 

Ciri-ciri pengembangan organisasi 
  • Merupakan usaha yang dilakukan secara berencana. 
  • Mencerminkan suatu proses yang berlangsung terus menerus. 
  • Berorientasi masalah organisasi yang harus dipecahkan. 
  • Merupakan usaha ke arah penyempurnaan organisasi. 
  • Merupakan tanggapan terhadap berbagai perubahan yang terjadi diluar organisasi, dsb

Metode pengembangan organisasi 

Metode pengembangan Perilaku: 
  1. Jaringan manajerial 
  2. Latihan kepekaan 
  3. Pembentukan tim 
  4. Umpan balik Survei 
Metode Pengembangan Keterampilan dan Sikap 
  1. Latihan ditempat kerja 
  2. Latihan instruksi kerja 
  3. Latihan diluar tempat kerja 
  4. Latihan ditempat tiruan 

Bangalex
Bangalex Memberi sumber materi untuk belajar secara online dan gratis

Tidak ada komentar untuk "Perilaku organisasi "