Ciri-Ciri Dan Unsur Dalam Organisasi

Ciri-Ciri Dan Unsur Dalam Organisasi
Ciri-Ciri Dan Unsur Dalam Organisasi 

Ciri-Ciri Dan Unsur Dalam Organisasi 

Ciri-ciri organisasi 
  1. Adanya atasan dan bawahan. 
  2. Terdapat kerjasama yang terstruktur. 
  3. Mempunyai tujuan dan sasaran. 
  4. Terdapat ketertarikan format serta tata tertib yang wajib ditaati. 
  5. Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas. 

Ciri-Ciri Organisasi Menurut Para Ahli yaitu Berelson dan Steiner 

Formalitas, adalah ciri organisasi sosial yang merujuk pada perumusan tertulis pada peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi dan seterusnya. 

Hierarki, adalah ciri organisasi yang mengacu pada pola kekuasaan dan kewenangan yang berbentuk piramida, artinya terdapat orang-orang tertentu dengan kekuasaan dan kewenangan yang tinggi dari pada orang biasa dalam organisasi tersebut. 

Besar dan Kompleksnya, adalah ciri organisasi sosial yang memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal) yang biasanya disebut dengan "gejala birokrasi“ .

Lamanya (Duration), adalah ciri organisasi dimana eksistensi organisasi lebih lama dari pada keanggotaan pada organisasi tersebut. 

Unsur-unsur organisasi

Organisasi bisa dibentuk apabila terdapat unsur-unsur sebagai berikut: 

Manusia: sebuah organisasi akan terbentuk jika terdapat unsur manusia yang saling bekerjasama, ada pemimpin dan juga yang dipimpin telah terpenuhi. 

Sasaran atau tujuan: sebuah organisasi akan terbentuk jika mempunyai suatu tujuan yang ingin dicapai 
Pekerjaan: sebuah organisasi akan terbentuk jika mempunyai pekerjaan yang akan dikerjakan serta adanya pembagian kerja. 

Teknlologi: sebuah organisasi akan terbentuk jika terdapat unsur-unsur teknisnya. 

Tempat kedudukan: sebuah organisasi akan terbentuk jika ada tempat kedudukannya. 

Struktur: sebuah organisasi akan terbentuk terdapat hubungan antara manusia satu dengan manusia lainnya, sehingga terciptalah organisasi 

Lingkungan: sebuah organisasi akan terbentuk jika lingkungannya sangat mendukung dan saling mempengaruhi, seperti misalnya adanya sistem kerjasama sosial.

Teori organisasi

Teori Organisasi adalah suatu teori yang mempelajari kinerja dalam sebuah organisasi, kajiannya yaitu bagaimana caranya membahas sebuah organisasi dalam menajalankan fungsi dan menerapkan visi dan misi organisasi tersebut. Lingkungan kerja suatu organisasi dapat mempengaruhi dan terpengaruh oleh orang di dalam suatu organisasi tersebut. 

Teori organisasi & perilaku organisasi (Stephen P. Robbins)

Teori Organisasi 

Teori Organisasi memfokuskan diri kepada perilaku dari organisasi dan menggunakan definisi yang lebih luas tentang keefektifan organisasi. 

Teori organisasi tidak hanya memperhatikan prestasi dan sikap para pegawai, tetapi juga kemampuan organisasi secara keseluruhan untuk menyesuaikan diri dan mencapai tujuan-tujuannya. 

Perilaku Organisasi 

Perilaku organisasi memfokuskan diri kepada perilaku di dalam organisasi dan seperangkat prestasi dan variabel mengenai sikap dari para pegawai, dan kepuasan kerja adalah yang banyak diperhatikan
Bangalex
Bangalex Memberi sumber materi untuk belajar secara online dan gratis

Tidak ada komentar untuk "Ciri-Ciri Dan Unsur Dalam Organisasi "