Hubungan Organisasi Dalam Manajemen Dan Tata Kerja

Hubungan Organisasi Dalam Manajemen Dan Tata Kerja
Manajemen Dan Tata Kerja

Hubungan Organisasi Dalam Manajemen Dan Tata Kerja

Pengertian organisasi adalah sekelompok orang yang terdiri dari dua atau lebih yang dipersatukan dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan tertentu. 

Organisasi Menurut Para Ahli 

  • W.J.S. Poerwadarminta organisasi adalah susunan serta ketentuan dari berbagai macam sisi (orang atau grup) hingga menjadi satu kesatuan yang teratur. 
  • Max Weber organisasi yaitu satu kerangka tersetruktur yang di dalamnya berisikan wewenang, tanggungjawab, serta pembagian kerja untuk menggerakkan spesifik. 
  • Stephen P.Robbins menyatakan organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara standar, dengan sebuah batasan yang relatif mampu didefinisikan, yang bekerja atas dasar relatif yang terus-menerus guna mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan. 
Pada dasarnya Organisasi adalah tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, kerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (sumber daya seperti uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi 

Manajemen 

Manajemen adalah seni melaksanakan dan mengatur. 

Manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan tapi melalui orang lain, artinya seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi (Mary Parker Follet) 

Hubungan manajemen dengan organisasi 

Manajemen berarti juga proses mengatur segala hal dalam organisasi. 

Fungsi Manajemen dalam mengelola organisasi 
(Robbins) 

Perencanaan 

Meliputi menentukan tujuan organisasi, menetapkan suatu strategi keseluruhan untuk mencapai tujuan, dan mengembangkan suatu hirarki rencana yang menyeluruh untuk memadukan dan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan. 

Pengorganisasian 

Merupakan tanggung jawab dalam perancangan struktur organisasi. Fungsi ini mencakup penetapan tugas-tugas apa yang harus dilakukan, siapa yang harus melakukan, bagaimana tugas-tugas itu dikelompokkan, siapa melapor kepada siapa, di mana keputusan harus diambil. 

Kepemimpinan 

Memotivasi bawahan, mengarahkan kegiatan orang lain, memilih saluran komunikasi yang paling efektif, atau memecahkan konflik antara anggota, 

Pengendalian 

Setelah poin 1, 2, dan 3 dilakukan, masih ada kemungkinan bahwa ada sesuatu yang keliru. Manajemen harus memantau kinerja organisasi. Kinerja yang sebenarnya harus dibandingkan dengan tujuan-tujuan yang ditetapkan sebelumnya. Jika terdapat penyimpangan yang cukup berarti, adalah tugas manajemen untuk mengembalikan organisasi itu pada jalurnya. Pemantauan, pembandingan, dan kemungkinan mengoreksi

Manajamen dan Tata kerja 

Tata kerja adalah cara untuk melaksanakan pekerjaan yang seefisien mungkin mengenai sesuatu pekerjaan dengan mempertimbangkan : 
  1. Tujuan 
  2. Fasilitas 
  3. Tenaga kerja 
  4. Waktu 

keempat poin tersebut dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula. 

Dengan tata kerja yang tepat, proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara benar. 
Di samping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalah gunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia serta dapat menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat. 

Manajemen dan Tata Kerja merupakan faktor utama dalam tercapai nya target, seperti manajemen yang teroganisir dan tata kerja yang terencana dengan baik akan mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai target yang ditetapkan 

Hubungan Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja 

Hubungan Organisasi Dalam Manajemen Dan Tata Kerja

Manajemen

Untuk hubunganya sendiri manajemen organisasi serta tata kerja memiliki hubungan yang sangat erat. Organisasi yang baik untuk mencapai tujuanya perlu manajemen yang baik. Begitupun sebaliknya untuk mendapatakan manajemen yang terbaik diperlukan sebuah organisasi yang memiliki orang-orang yang terampil, kreatif serta mampu bekerja secara tim untuk mewujudkan cita-cita yang ingin dicapai oleh organisasi. 

Tata kerja 

Tata kerja sendiri dimaksudkan sebagai alat yang digunakan sebuah organisasi untuk mencapai tujuanya. 
Tanpa adanya tata kerja yang tepat maka manajamen yang telah dibuat tidak akan maksimal sehingga apa yang ingin dicapai organisasi tidak terpenuhi. 

Eratnya hubungan atau hubungan timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut: 
  • Manajemen : proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia. 
  • Organisasi : alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama. 
  • Tata Kerja : pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien. 
Bangalex
Bangalex Memberi sumber materi untuk belajar secara online dan gratis

Tidak ada komentar untuk "Hubungan Organisasi Dalam Manajemen Dan Tata Kerja"