Persepsi organisasi

Persepsi organisasi
Persepsi organisasi 


Persepsi organisasi 

Persepsi organisasi adalah suatu proses dimana seseorang melakukan pemilihan, penerimaan, pengorganisasian, dan penginterpretasian atas informasi yang diterimanya dari lingkungan

Merupakan suatu proses kognitif yang dialami oleh setiap orang dalam memahami informasi tentang lingkungannya. 

Faktor yang mempengaruhi persepsi 

  1. Karakteristik yang Mempersepsikan (Characteristics of the perceiver) 
  2. Karakteristik yang dipersepsikan (Characteristics of the perceived) 
  3. Kontek Situasi ( Situation Context) 

Karakteristik perceiver (orang yang mempersepsikan) 
  • Kebutuhan (Needs) 
  • Pengalaman (Experience) 
  • Norma-norma (Values) 
  • Sikap (Attitudes) 
  • Kepribadian (Personality) 

Kontek situasi (situation context) 
  • Norma 
  • Peraturan 
Karakteristik yang dipersepsikan 
  • Penampakan ( Appearance): 
  • Perilaku (Behavior) 
Distorsi dalam persepsi (penyimpangan persepsi) 
  • Stereotip : menggeneralisasi persepsi atas dasar informasi umum. 
  • Efek Halo : kecenderungan hanya menggunakan satu informasi saja untuk mempersepsikan sesuatu. 
  • Seleksi : hanya memperhatikan informasi-informasi tertentu. 
  • Proyeksi : menggunakan atribut pribadi (self concept) sebagai dasar persepsi. Menghubungkan karakteristik pribadinya terhadap karakteristik pribadi orang lain 
  • Harapan : menggunakan harapan pribadi sebagai dasar persepsi 

Persepsi sosial 

Pesepsi sosial adalah persepsi seseorang terhadap orang lain. 

Pola Persepsi Sosial : 

  • Type A : Individual to Individual 
  • Type B : Individual to Grouping 
  • Type C : Grouping to Individual 
  • Type D : Grouping to Grouping 

Atribusi 

Merupakan elemen persepsi sosial 

  • Suatu proses bagaimana seseorang mencari kejelasan sebab-akibat dari perilaku orang lain. 
  • Proses atribusi sangat menentukan perilaku 

Bias atribusi 

Point of View : Kesalahan mempersepsikan perilaku orang lain karena perspektif yang digunakan keliru. 
Effectiveness of The Behavior : Kesalahan mempersepsikan perilaku orang lain akibat salah mendefinisikan tujuan dari perilaku. 

Penanganan persepsi 

  • Mempertinggi tingkat mawas diri (sikap lebih berhati-hati dalam bertindak) 
  • Mengupayakan kelengkapan informasi 
  • Empati ( kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain) 
  • Menghindari segala macam distorsi.
Bangalex
Bangalex Memberi sumber materi untuk belajar secara online dan gratis

Tidak ada komentar untuk "Persepsi organisasi "